Memilih distro linux

Posted by rg_stealth Selasa, 23 Oktober 2012 0 komentar












Distro linux yang mana ya ?, pertanyaan ini pasti muncul pertama kali ketika kita memutuskan untuk migrasi OS ke linux. ada beberapa faktor yang harus kita pertimbangkan untuk memilih Distro linux. Mengingat ada ratusan distro linux tersebar di seluruh dunia. Berikut ini adalah faktor-faktor yang kita pertimbangkan untuk memilih distro linux.

  1. Kenali Spesifikasi PC / Server yang anda gunakan.
  2. Spesifikasi Komputer yang akan kita install linux perlu kita ketahui sehingga kita dapat mengetahui kekuatan PC atau server, hal2 yang perlu kita ketahui : Kecepatan Processor, Memory Vga card, chipset, memory RAM beserta hardware yang lainnya (misal:printer,modem dll). Disamping itu ketersediaan vendor hardware dalam support driver untuk linux, sebab hardware tertentu terkadang tidak dapat dikenali.

  3. Inventaris Kebutuhan software yang anda gunakan.
  4. Inventaris Software apa saja yang biasa kita gunakan, hal ini dilakukan agar kita dapat menemukan penggantinya di linux (misal : MS Office diganti Open Office). Apabila kita tidak menemukan software pengganti di linux, ada alternatif distro mana yang menyediakan emulator atau virtual machine.

  5. Pilih Distro Linux dari indukan dan komunitas nya masih aktiv.
  6. Kita kenal indukan linux : Debian, Fedora, Suse, Slackware, BSD dll. Dari indukan linux tersebut di remastering menjadi banyak sekali distro (misal : Debian -> Ubuntu -> Mint). Cari distro yang komunitas nya ramai, sehingga update system menjadi teratur dan apabila terdapat masalah bisa langsung ditanyakan di komunitas tersebut.

  7. Lihat rating distro linux yang akan digunakan.
  8. Apabila kita masih kebingungan menentukan distro mana yang akana kita pilih, bisa langsung mengunjungi situs ini http://distrowatch.com/. Kemudian cari distro yang rating nya tinggi, Lihat informasi nya dan sesuaikan dengan kebutuhan software yang anda butuhkan dan kemampuan komputer.

Temukan Distro sesuai kebutuhan anda...., selamat migrasi OS

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Memilih distro linux
Ditulis oleh rg_stealth
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://it-ordinary.blogspot.com/2012/10/memilih-distro-linux.html . Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar :

Posting Komentar

Recent Comment

Sahabat it-ordinary

pageView